Senin, 25 Februari 2013

ular naga (Xenodermus javanicus)

-->

 

Taksonomi

Kerajaan Divisi Kelas Urutan Keluarga
Animalia Chordata Reptilia Squamata XENODERMATIDAE

Nama Ilmiah: Xenodermus javanicus
Spesies Authority: Reinhardt, 1836
Nama umum / s:
Inggris - Rough backed Litter Snake

Keterangan: Spesies ini terjadi dari ekstrim selatan Myanmar selatan ke Sundaland (Sumatera, Jawa, dan Kalimantan). Keberadaannya di Myanmar adalah marjinal, di mana diketahui hanya dari catatan lama diambil di Victoria Point (= Kawthaung) (Smith 1943), sebuah kota perbatasan di ujung paling selatan daratan Myanmar. Ada satu catatan dari Thailand selatan, dari Sai Kao terjun di Pattani dilaporkan oleh Taylor (1965), tetapi tidak ada catatan yang lebih baru dari negara ini. Oleh karena itu dianggap langka ar batas utara jangkauan (selatan Myanmar dan Thailand selatan).
Populasi: Spesies ini jarang ditemui, meskipun umum di Jawa (David dan Vogel 1996). Seperti sering pergi ladang dan sawah beririgasi (Smith 1943; David dan Vogel 1996) mungkin akan meningkat dalam ukuran populasi.
Habitat dan Ekologi: Spesies ini ditemukan dari permukaan laut sampai dengan 1.300 m elevasi, tetapi paling sering terjadi antara 500 dan 1.100 m. Ini adalah semi-fossorial dan terjadi di tempat yang lembab dekat air, termasuk hutan, rawa, dan rawa-rawa, dan terutama sawah. Feed hanya pada katak. Spesies ini yg menelur dan meletakkan 2-4 telur (Smith 1943, David dan Vogel 1996). Di Semenanjung Malaysia itu ditemukan di daerah rawa dan sungai hingga 400 meter di atas permukaan laut.

Panjang ular ini maximak 55 cm tetapi meskipun ular ini termasuk jenis ular yang kecil,,ular ini adalah ular yang sangat digemari untuk dipelihara oleh para pecinta reptil karena keunikannya!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Support : Copyright © 2011. DUNIA BINATANG - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger