Jumat, 22 Februari 2013

Ular cecak / ular rumah / Lycodon capucinus

Ular cecak atau sering pula disebut sebagai ular rumah adalah sejenis ular kecil dari suku Colubridae. Dinamai demikian karena ular ini kerap dijumpai di dalam rumah, di sekitar dapur atau almari, untuk memburu cecak yang menjadi kegemarannya. Nama ilmiahnya adalah Lycodon capucinus dan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai common wolf-snake, merujuk pada gigi yang memanjang menyerupai taring serigala di bagian muka rahangnya (bahasa Gerika: lycos, serigala; don, gigi).
Ular ini termasuk dalam golongan ular yang kecil karena ukuran panjang maksimalnya hanya 55 centimeter. Ciri-ciri fisik untuk mengenali ular ini yaitu  Punggung (dorsal) berwarna coklat atau coklat agak keunguan, dengan sebagian sisik bertepi putih membentuk pola belang (atau jala) samar-samar seperti bekas cat yang terhapus. Kepala berwarna coklat kurma, dengan warna putih atau keputih-putihan di bibir atas dan di tengkuk, kadang-kadang dengan sedikit warna kuning belerang. Perut (ventral) berwarna putih atau kekuningan.
Ular cecak agresif dan lekas menggigit apabila terganggu atau baru ditangkap. Gigitannya lumayan menyakitkan, terutama karena adanya ‘taring’ di rahang atas maupun bawah. Walaupun demikian ular ini tidak berbisa, sehingga luka gigitannya hanya mengakibatkan rasa pedih dan sedikit berdarah.
Setelah dipelihara beberapa lama dan dibiasakan, ular cecak umumnya lekas menjadi jinak dan tidak mau menggigit. Ular ini cukup rakus, dan mampu menghabiskan 2–3 ekor cecak dalam sehari.


19 komentar:

  1. Rumahku sering kemasukan ular jenis ini...
    Baru tau klo ga berbisa..good info...

    BalasHapus
  2. barusan td pagi ada ular masuk ember di rumah jumlahnya 2 ularnya seperti itu

    BalasHapus
  3. Di rumahku pagi pagi geger dengan kedatangan ular cicak., sial habis aku bunuh terus browsing aku kira berbahaya padahal kan nggak.,, tau gitu mah aku pelihara trus aku simpen buat peliharaan...

    BalasHapus
  4. Barusan saya dpt ular tersebut dirumahku

    BalasHapus
  5. Hr ini kamis 27 sept 2018 sy br saja bunuh ular cicak pnjgnya 45 cm. Sblmnya sy jg sdh bunuh ular yg sama ditempat yg sama yaitu di dapur

    BalasHapus
  6. Baru pndahan 5 bln, rmh sdh kemasukan ular seperti ini 6x, krn takut byk anak kecil ke 6 ular kt eksekusi mati. Walaupun tergolong tak berbahaya, yg namanya ular ttp z kt takut...tx infonya.

    BalasHapus
  7. Baru pndahan 5 bln, rmh sdh kemasukan ular seperti ini 6x, krn takut byk anak kecil ke 6 ular kt eksekusi mati. Walaupun tergolong tak berbahaya, yg namanya ular ttp z kt takut...tx infonya.

    BalasHapus
  8. gua kaget ketika cari memori yg hilang di skitaran kasur yg biasa ny saya pakai untuk tidur mlh ktemu tu ular cecak gua kira berbisa setelah gua usir gua browsing ternyata gak berbisa tetapi waktu mau gua tangkap pakek kain dia mlh nyerang kaget dh ampe gemeteran

    BalasHapus
  9. Pagi2 ..anak ku teriak ulat..nggak taunya ular cecak ini sebesar lidi ..panjang 20cm.. tak kurung di toples .. kalo ada yg mau 😀😀

    BalasHapus
  10. Barusan rumah saya juga kemasukan ular diatas genteng, tapi ular besar, masih trauma sebenernya waktu ayah saya digigit ular di pinggir jalan sewaktu beli gas mlm", untung di rumah sakit sedia serum anti bisanya, ini malah diatas genteng, untung ketangkep walau makan waktu & kesabaran karna nyumput di sela-sela reng & usuk genteng.

    BalasHapus
  11. Sering menangkap ular ini, biasanya di dapur, merambat di dinding bata merah yg kasar karena belu kami plester.
    Tdk berbisa, malah dibuat mainan sama anak saya.

    BalasHapus
  12. Hari ini saya dapat ular cicak lagi, saya kurung di botol air minéal yg dilubang lubang biar dia bisa bernafas.

    BalasHapus
  13. Aku baru aja nangkep masih segede jari telunjuk.. baru tau kalo itu jenis ular yg mudah dijinakkan.. tau gitu tak piara gak tak liarin gitu aja..

    BalasHapus
  14. Hehe...sudah dibuang di belakang rumah, kasihan ternyata ular comel, semoga aja nggak nggigit

    BalasHapus
  15. Barusan dapet semalem, 2 ekor kakak adek masih 15 senti an sdh sya masukan toples buat dipelihara

    BalasHapus
  16. Habis sahur nemuin uler itu lgi mkan. Cecak.
    Auto ngmbil bambu,trus dimatinn..
    Saking paniknya

    BalasHapus
  17. sore" baru mau berangkat mandi, denger kakak teriak" kirain ada apa ternyata ada ular cecak , saya kira berbisa . saya lompat samperin kakak saya terus saya bunuh dengan bismillah

    BalasHapus
  18. Ini saya lagi nongkrongin doski sambil nunggu waktu sahur, lagi ngumpet disela2 genteng,,, duhhh

    BalasHapus
  19. Untung sempat hub Sioux Indonesia dulu. Ada ular ini pagi pagi buta. Panik banget kirain anakan kobra. Dasar orang awam sama reptil jadi panik. akhirnya lepas lagi deh

    BalasHapus

Followers

 
Support : Copyright © 2011. DUNIA BINATANG - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger